Lihat Peluang, Sekar Jalani Usaha FaBiMS SekarKu Berbekal Resep Keluarga

UMKM Depok UMKM MAPAN - Bagi Sekar Ariwat yang biasa disapa Sekar, kesuksesan tidak bisa diraih tanpa adanya aksi untuk mewujudkannya. Sekar adalah seorang pelaku usaha UMKM FaBiMS SekarKu yang berlokasi di kecamatan Pancoran Mas kota Depok Jawa Barat.

Usaha Sekar dimulai ketika orang tua Sekar mendapat banyak permintaan untuk membuat egg roll dan manisan kolang-kaling dari orang-orang di sekitar lingkungan Sekar menjelang dan selama bulan Ramadhan.

UMKM DEPOK FaBiMS SekarKu - UMKM Depok UMKM MAPAN
Sekar saat acara bazar dengan produk FaBiMS SekarKu - UMKM Depok UMKM MAPAN


Melihat antusiasme pasar yang tinggi, bagi Sekar hal tersebut dapat menjadi peluang usaha. Sekar lalu memutuskan untuk mulai menjalankan usaha kuliner dengan sungguh-sungguh. Pada Mei 2016 Sekar mulai menjalankan bisnisnya dengan nama "SekarKu".

Sekar memilih menggunakan nama "SekarKu" untuk usahanya yang diambil dari namanya sendiri. Namun pada tahun 2021 ia memutuskan untuk mengubah nama usahanya menjadi "FaBiMS SekarKu". Nama "FaBiMS" ia buat dari gabungan empat nama sang anak.

Karena produk manisan kolang-kaling dan egg roll merupakan resep keluarga dan pada saat itu belum banyak yang membuat produk tersebut, maka Sekar memutuskan membuat manisan kolang-kaling dan egg roll saat memulai usahanya.

Sekar melakukan berbagai kegiatan promosi untuk memperkenalkan produk makanannya mulai dari teman-teman dekat, pengurus PKK dan rekan PKK, menitip jual produk di berbagai tempat, hingga aktif berpartisipasi dalam acara bazar.

Sampai saat ini Sekar masih rutin mengikuti kegiatan bazar sebagai salah satu cara memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Berkat strategi promosi tersebut produk Sekar dikenal oleh banyak orang.

UMKM DEPOK FaBiMS SekarKu - UMKM Depok UMKM MAPAN
Beberapa produk FaBiMS SekarKu - UMKM Depok UMKM MAPAN



Produk FaBiMS SekarKu antara lain, Mini Makoling (Manisan Kolang Kaling), Jus Jagung, Egg Roll, Aneka Jus Buah, Alpukat Kocok Aneka Toping, Sejen (Semur Jengkol), Pentol Kuah, Sate (Sambal Teri), dan Gudeg.

Sekar saat ini adalah salah satu pengurus di komunitas UMKM Mandiri Pancoran Mas (UMKM MAPAN) Depok dan juga merupakan anggtota UKM Pertanian. Ke depan Sekar memiliki rencana untuk membuka kedai atau gerai sebagai bagian dari upaya memperluas jangkauan dan pengembangan bisnisnya.

Untuk meningkatkan penjualan Sekar tidak hanya menjual produk kulinernya dengan menerima pesanan tetapi juga membuka peluang bagi siapa saja yang tertarik untuk menjadi mitra atau reseller produknya.

Info kontak FaBiMS SekarKu
WhatsApp: 085720218536

Foto oleh: Sekar





ARTIKEL TERKAIT