Nasi Kuning Asik 46 Indira Sukses dengan Inovasi Tumpeng Mini dan Kemasan Bento

UMKM Depok UMKM MAPAN - Berkunjung ke Kedai Nasi Kuning Asik 46 milik Indira Mulyawan di Pancoran Mas Depok adalah pilihan yang tepat jika Anda sedang mencari sarapan di kota Depok Jawa Barat.

Bisnis kuliner nasi kuning milik Indira Mulyawan yang biasa disapa Indira, dimulai 10 Oktober 2017. Usaha nasi kuning tersebut ia jalankan depan rumahnya dengan modal sebesar satu juta rupiah.

Sebelum fokus pada bisnis kuliner nasi kuning, Indira pernah mencoba membuka barbershop namun sayang usaha barbershop yang ia beri nama D Fron Men tersebut kini sudah tidak beroperasi lagi.

Indira memutuskan untuk membuka usaha kuliner karena istrinya memiliki keahlian dalam memasak. Ia juga melihat potensi adanya peluang dari lingkungan sekitar tempat tinggalnya yang memiliki usaha sejenis yaitu nasi kuning serta nasi bakar.

Indira Mulyawan dengan produk Nasi Kuning 46 stiker custom - UMKM Depok UMKM MAPAN
Indira Mulyawan dengan produk Nasi Kuning 46 stiker custom - UMKM Depok UMKM MAPAN

Indira mulai membuka usaha dengan membuat produk nasi bakar. Namun setelah Indira merasa bahwa orang-orang kurang familiar dengan nasi bakar sebagai menu sarapan, ia memutuskan untuk beralih ke menu baru yaitu nasi kuning yang saat ini menjadi menu andalannya.

Asal-usul angka 46 yang ia sematkan pada nama usaha Nasi Kuning Asik 46 ia ambil dari dari nomor rumahnya tempat ia menjual nasi kuning.

Indira menjalankan usaha Kedai Nasi Kuning Asik 46 tanpa bantuan karyawan. Sang istri memasak sedangkan Indira berperan sebagai marketing. Usaha nasi kuningnya ini juga dibantu oleh putranya.

Modal merupakan hambatan bagi Indira saat memulai usaha nasi kuning. Namun dengan tekad dan usahanya Indira berhasil membesarkan bisnisnya dengan mencari sumber modal tambahan.

Nasi kuning milik Indira memiliki keunikan dalam produk nasi kuningnya di mana tempe yang disajikan tidak basah dan nasi kuningnya dipacking dengan bento box yang praktis dan mudah dibawa. Selain menjual nasi kuning seperti penjual nasi kuning lain pada umumnya, Indira juga menerima pesanan untuk acara spesial atau acara khusus.

Produk UMKM Nasi Kuning 46 Indira Mulyawan Depok - UMKM Depok UMKM MAPAN
Produk UMKM Nasi Kuning 46 Indira Mulyawan Depok - UMKM Depok UMKM MAPAN

Indira juga menyediakan produk nasi kuning dalam bentuk lain yaitu dalam bentuk tumpeng mini unik yang dapat dipesan bersama kartu ucapan atau stiker yang gambar atau bentuknya bisa dipesan seusai keinginan pelanggan.

Indira menjelaskan, jika ia mendapat order nasi kuning untuk event atau acara, ia tetap berusaha membuka kedai nasi kuningnya agar brand nasi kuningnya tetap konsisten dalam melayani pelanggannya.

Mengenai support pemerintah kota Depok, Indira merasa dukungan pemerintah kota Depok bagi pelaku usaha sangat baik melalui program pelatihan yang diberikan oleh pemkot Depok.

Indira yang merupakan anggota di beberapa organisasi UMKM di Depok dan yang saat ini menjabat sebagai pengurus di UMKM Mapan Pancoran Mas Depok, merasakan adanya kenaikan omzet yang diperoleh dari pesanan online dan promosi digital marketing. Omzet yang diperoleh oleh Indira dari Kedai Nasi Kuning Asik 46 kini lebih tinggi dibandingkan saat ia baru memulai usahanya.

Indira yang memiliki basic fotografi ini juga membantu teman-teman sesama pelaku UMKM yang ingin memliki foto produk yang bagus namun dengan harga yang terjangkau. Indira melayani jasa pembuatan foto produk untuk UMKM baik di Depok maupun dari daerah lainnya.

Indira pernah bertugas sebagai pendamping UMKM melalui program DAK P2UMK Kementerian Koperasi di tingkat kabupaten/kota, dan pendamping UMK tahun 2022. Saat ini Indira bertugas sebagai pendamping UMKM provinsi 2023 dengan sertifikat BNSP.

"Dalam menjalankan usaha jangan takut untuk mencoba, jangan putus asa dalam mencapai sukses, jangan malas untuk belajar dan menambah pengetahuan. Carilah informasi dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk membantu mengembangkan bisnis UMKM." ucap Indira yang dalam rencana bisnis selanjutnya ingin membuka outlet Nasi Kuning Asik 46 di beberapa lokasi strategis dengan konsep sarapan.

Tertarik mencicipi menu sajian nasi kuning milik Indira Mulyawan ini? Produk UMKM Nasi Kuning Asik 46 milik Indira bisa dipesan melalui aplikasi makanan online GrabFood dan juga aplikasi goFood.

Info kontak kontak Nasi Kuning Asik 46
WhatsApp: 081283235051
Instagram: @kedainasikuning_asik46
GrabFood: Nasi Kuning Asik 46 - Depok Jaya
gofood: Nasi Kuning Asik 46, Beji
Google Maps: Kedai Nasi Kuning Asik 46

Foto oleh: Indira Mulyawan Nasi Kuning Asik 46





ARTIKEL TERKAIT