Apa Itu Kurasi Produk Kuliner dan Manfaatnya bagi Anggota UMKM MAPAN

UMKM Depok UMKM MAPAN - Salah satu tujuan organisasi UMKM MAPAN adalah meningkatkan mutu usaha para anggotanya. Oleh karena itu UMKM MAPAN mengadakan program kurasi produk kuliner yang terbuka bagi seluruh anggota UMKM MAPAN.

Kurasi produk kuliner ini adalah proses penyeleksian terhadap produk kuliner anggota UMKM MAPAN yang telah sesuai dengan standar tertentu berdasarkan selera pasar/pemesan yang dinilai berkualitas atau memiliki level standar dengan kebutuhan pasar.

Produk yang telah lolos kurasi dan dinyatakan lulus nantinya akan dicatat pada database pengurus yang kemudian digunakan sebagai referensi untuk disertakan pada menu pesanan jika ada order nasi box atau snack box melalui divisi kuliner MAPAN (MAPAN Culinary) sesuai dengan apa yang diminta oleh pemesan baik pesanan nasi box atau snack box dari dinas, instansi pemerintah atau dari pihak lainnya.

Atau dengan kata lain, jika ada pesanan dari instansi pemerintah, dinas, perusahaan swasta, atau pihak lain yang memesan nasi box atau snack box pada UMKM MAPAN, maka pengurus divisi kuliner UMKM MAPAN akan menunjuk anggota yang produknya telah lolos kurasi untuk mengisi menu yang diminta oleh pemesan nasi box / snack box..
Kurasi produk kuliner UMKM MAPAN Depok - www.umkmmapan.org
Kurasi produk kuliner UMKM MAPAN Depok - www.umkmmapan.org

Dengan lolosnya produk melalui proses kurasi maka akan dapat menambah penghasilan anggota pemilik produk tersebut karena produknya disertakan dalam menu nasi box / snack box UMKM MAPAN.

Proses Kurasi Produk

Beberapa poin dalam proses kurasi ini antara lain adalah:

Jika anggota telah mengkonfirmasi untuk turut serta dalam proses kurasi produk maka anggota menyerahkan sample produk kepada pengurus MAPAN yang ditunjuk sebagai kurator dengan  mengirimkan atau membawa produk yang akan dikurasi ke lokasi yang telah ditentukan. Pengurus akan mengkurasi produk tersebut secara objektif.

Produk yang akan dikurasi harus dilengkapi dengan informasi produk seperti waktu pembuatan atau produksi dan waktu pengemasan dengan tujuan agar kurator dapat mengukur kekuatan atau keawetan produk pada suhu ruang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat ada pemesanan produk.

Untuk produk kuliner yang belum lolos kurasi akan diberi catatan untuk perbaikan agar dapat mengikuti kembali proses kurasi.

Sebagian pendapatan yang diperoleh dari pesanan nasi box atau snack box melalui divisi MAPAN culinary akan disetorkan ke kas UMKM MAPAN sebesar 5%. Nantinya pendapatan kas MAPAN ini akan digunakan untuk mendukung bebagai kegiatan UMKM MAPAN.

Persyaratan

Tidak ada syarat legalitas khusus untuk mengikuti kurasi produk kuliner ini karena rata-rata kebanyakan produknya adalah produk makanan siap saji namun hal yang harus diperhatikan adalah pentingnya menjaga kebersihan saat proses produksi seperti memakai penutup kepala saat mengolah makanan agar tidak ada rambut yang jatuh ke makanan, dan proses lainnya seperti yang diarahkan oleh dinas kesehatan pada Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP). 

Faktor penentu penilaian kurasi

Yang menjadi penilaian utamakan saat kurasi produk adalah :
  • Ingredient / komposisi
  • Rasa
  • Tampilan produk (kemasan, penampakan produk)
  • Ketahanan
  • Kesesuaian harga

Hal penting yang perlu diperhatikan

Member yang lolos kurasi dapat kehilangan kesempatan mengisi menu nasi box atau snack box dengan pertimbangan:
  • Ada komplain dari pelanggan
  • Tidak tepat waktu dalam mengantar produk di waktu yang telah ditetapkan
  • Kualitas produk menurun / tidak menjaga mutu produk (mutu produk yang disajikan saat ada pesanan tidak sesuai dengan mutu produk pada saat kurasi)

Waktu atau jadwal kurasi produk

Jadwal kurasi seperti hari dan jamnya akan diinfokan oleh pengurus di WhatsApp grup UMKM MAPAN.





ARTIKEL TERKAIT