Putri Sari Sungkay Bolen Premium dengan Harga Terjangkau dari Kota Depok

UMKM Depok UMKM MAPAN - Apakah ada yang menjual bolen enak dari bahan premium berkualitas namun bisa diperoleh dengan harga terjangkau?

Jika Anda ingin membeli bolen dan sedang mencari di mana tempat yang menjual bolen enak dari Depok baik untuk dikonsumsi sendiri atau Anda ingin menjual kembali sebagai reseller, produk kuliner bolen Putri Sari Sungkay buatan pak Asikin sangat layak sekali Anda coba.

Asikin Muchtar, B.Ac, S.Sos, MM. mulai memproduksi bolen sejak 10 April 2010 bermodal dua puluh juta rupiah dengan nama awal Putri Sari bersama dengan saudaranya yang berasal dari Lampung.

Bolen Putri Sari Sungkay produk kuliner UMKM Depok UMKM MAPAN www.umkmmapan.org
Asikin dengan produk Putri Sari Sungkay buatannya - UMKM Depok MAPAN www.umkmmapan.org


Saat itu karena belum memiliki karyawan, saudaranya yang berasal dari Lampung yang ahli di bidang bolen fokus di bagian produksi sedangkan Asikin mengambil bagian di bidang marketing karena saat itu ia masih aktif bekerja di kementerian pertahanan.

Asikin yang saat itu aktif berkecimpung di RW, mulai memasarkan produknya pada ketua RT dan ia juga berjualan keliling ke wilayah sekitarnya.

Respon yang didapat dari pasar sangat baik sebab banyak yang berpendapat bahwa bolen buatannya sangat enak.

Mengetahui hal tersebut ia memutuskan untuk lebih dalam menjalani usaha bolennya dan belum sampai setahun Asikin sudah memiliki tujuh motor box untuk sarana transportasi pengantaran produk bolennya.

Dalam perjalanan usahanya, saudaranya yang berasal dari Lampung memutuskan kembali ke Lampung dan Asikin tetap menjalankan usaha bolen Putri Sari Sungkay.

Asikin yang kini sudah memiliki dua puluh karyawan dan beromzet puluhan juta rupiah perbulannya pernah mengalami hambatan dalam menjalani usaha seperti pada saat wabah corona beberapa waktu lalu berdampak pada sepinya pembeli dan banyak outletnya yang tutup karena daya beli masyarakat menurun.

Masalah lain selama menjalani usaha yang ia hadapi adalah adanya mantan karyawannya yang juga membuat produk bolen yang juga beroperasional di sekitar wilayah penjualannya dan berusaha mengambil konsumen setia bolennya. “Namun untuk resep adonan Bolen Putri Sari Sungkay hanya saya dan keluarga yang mengetahuinya” ujar Asikin.

Untuk mengatasi hal tersebut Asikin tetap bersabar dan fokus menjaga kualitas bolen buatannya serta kerap memberikan harga promo.

Kendala lain dalam usaha bolen pisang menurutnya adalah langkanya bahan baku pisang di musim kemarau karena pisang adalah salah satu bahan baku utama pada produk bolennya.

Adapun mengenai cara memasarkan produk bolennya, selain memasarkan produk Bolen Putri Sari Sungkay di outlet- outlet, Asikin juga menjual produk bolen melalui para reseller. “Harga bolen saya dibanding bolen lain, harganya terjangkau” jelas Asikin yang saat ini memiliki sebelas kios yang beberapa di antaranya berada di Citayam, Pondok Cina, Pondok Labu, dan pertigaan Parung Bingung Depok.

Selain itu, pemasaran yang ia lakukan dengan membuat sebuah website sangat ia rasakan manfaatnya.

“Dengan website buktinya sekarang omzet saya naik. Produk Bolen Putri Sari Sungkay di website dapat dibaca oleh orang di seluruh dunia tanpa orang itu perlu login membuat akun atau melakukan pertemanan lebih dulu” ucapnya pada Umkmmapan.org.

Lebih lanjut mengenai website, dengan ia membuat website, produknya lebih dipercaya dibandingkan jika hanya memiliki sosial media di mana ia juga mencantumkan nomor kontak beserta izin edar dan halal di websitenya tersebut. ”Baiknya teman-teman pengusaha memiliki website karena banyak manfaatnya bagi usaha” ujar Asikin memberi saran.

Kelebihan produk Bolen Putri Sari Sungkay dibandingkan dengan produk bolen lainnya adalah dari segi bahan Baku. Asikin yang merupakan warga kelurahan Rangkapan Jaya Baru Depok menggunakan bahan baku premium dari keju, mentega, hingga cokelat yang membuat rasa produk bolennya begitu Istimewa.

Bolen Depok Bolen Putri Sari Sungkay Produk UMKM Depok UMKM MAPAN www.umkmmapan.org
Produk bolen dan roll Putri Sari Sungkay produk UMKM Depok UMKM MAPAN - www.umkmmapan.org


Produk bolen pisang Putri Sari Sungkay memiliki beberapa varian rasa di antaranya bolen cokelat, bolen keju, bolen durian, dan bolen tape. Selain bolen, Asikin juga memproduksi roll keju dan roll cokelat.

Dengan bahan baku premium dan harga jual yang terjangkau ia tidak mempermasalahkan jika ia mendapatkan margin yang kecil karena ia berprinsip ia dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan dapat mensejahterakan karyawan kedepannya. “Kita tidak boleh memikirkan diri kita sendiri apalagi saat ini mencari pekerjaan itu sulit” ucap Asikin.

Produk Bolen Putri Sari Sungkay menurutnya sudah cukup dikenal di wilayah Depok, Bogor, dan Jakarta. “Saya kerap menerima pesanan langsung dari customer untuk keperluan pulang kampung, oleh-oleh, kondangan, dan acara lainnya. Pernah ada juga yang langsung memesan sebanyak seratus tiga puluh kotak” ujarnya.

“Panitia pendidikan dari kementerian juga sering memesan Bolen Putri Sari Sungkay untuk dibawa pulang oleh siswa-siswanya yang artinya Bolen Putri Sari Sungkay sudah dikenal banyak masyarakat di Indonesia. Teman-teman yang keluar negeri seperti ke Jepang, Malaysia, Singapura, Amerika, Turki. Juga kerap membawa produk Bolen Putri Sari Sungkay” jelas Asikin.

Asikin yang saat ini tergabung di komunitas UMKM MAPAN (Mandiri Pancoran Mas) kecamatan Pancoran Mas Depok dan AIKD (Asosiasi Industri Kreatif Depok) mengatakan dengan bergabungnya ia ke komunitas tersebut dapat membantunya mempromosikan produk Bolen Putri Sari Sungkay. "Produk bolen saya bisa makin dikenal” ucapnya.

Bimbingan dari dinas terkait untuk para UMKM di kota depok sangat di rasakan langsung manfaatnya oleh Asikin seperti fasilitasi halal, PIRT, hingga pelatihan membuat kemasan.

“Salah satu hal yang paling penting dari suatu produk adalah kemasannya. Bolen Putri Sari Sungkay dengan desain kemasan bolen yang sekarang semakin menarik konsumen dan bisa menaikkan omzet” ungkapnya pada Umkmmapan.org.

Saat mengubah desain kemasan dari kemasan yang lama ke desain kemasan yang baru di jasa desain kemasan, ia juga sekaligus mengganti nama usahanya dari Putri Sari menjadi Putri Sari Sungkay.

Asal-usul penamaan Bolen Putri Sari Sungkay menurutnya, nama Putri diambil dari nama anak perempuannya, nama Sari diambil dari kata Sari, dan nama Sungkay diambil dari wilayah tempat asal Asikin di Lampung.

Asikin yang membuka kesempatan bagi siapa saja untuk bergabung menjadi reseller produknya berharap ke depan ia memiliki toko yang besar dan usahanya makin berkembang. Dengan demikian ia dapat menampung tenaga kerja yang lebih banyak karena ia berharap usahanya dapat bermanfaat bagi orang banyak.

“Bagi teman-teman mau memulai usaha jangan takut memulai” ucapnya menutup sesi wawancara.

Kontak Bolen Putri Sari Sungkay
WhatsApp: 0813-1622-0512 / 0856-9330-6330
Website: www.putrisarisungkay.com

Foto oleh: HAKAMERU





ARTIKEL TERKAIT