Bakpia Pathok dari Kota Depok Produk UMKM Bu Asih Bakpia and Snack

UMKM Depok UMKM MAPAN - Meskipun bakpia pathok merupakan produk khas dari kota Jogja, kota Depok juga memiliki usaha UMKM yang memproduksi bakpia pathok yang dikelola oleh Khairotul Munawwaroh yang akrab disapa Nana.
Bakpia pathok dari kota Depok produk UMKM Bu Asih Bakpia and Snack - UMKM Depok UMKM MAPAN
Bakpia pathok dari kota Depok produk UMKM Bu Asih Bakpia and Snack - www.umkmmapan.org

Usaha produksi bakpia bernama "Bu Asih Bakpia and Snack" ini dimulai dari usaha yang bernama "Bakpia Aisha" yang dijalankan oleh ibu dan bibinya dari tahun 2015. Setelah usaha tersebut hampir 5 tahun berjalan, sang bibi memutuskan untuk kembali ke Yogyakarta dan menjalankan bisnisnya sendiri.

Pada akhir tahun 2019 Nana melanjutkan bisnis bakpia bersama ibunya namun pada tahun 2020 ia memutuskan untuk mengubah merek usahanya menjadi "Bu Asih Bakpia and Snack" di mana nama "Bu Asih" diambil dari panggilan sang ibu. Modal awal yang dikeluarkan Nana sekitar tiga puluh juta rupiah untuk sewa ruko, bahan, alat, etalase, dan lemari pendingin.

Produk bakpia Bu Asih Bakpia and Snack mendapat respons positif dari pasar. Namun pandemi di Indonesia yang melanda tidak lama setelah usaha ini dijalankan merupakan rintangan bagi usaha Nana yang baru berjalan selama tiga bulan. Anggaran untuk operasional yang besar menjadi salah satu kendala yang dihadapi olehnya saat pandemi.

Meskipun pandemi memberikan tekanan yang cukup berat pada usaha bakpia Bu Asih Bakpia and Snack, Nana tidak pernah menyerah. Walaupun ada saat-saat Nana ingin menyerah, Nana tetap bersemangat untuk bangkit kembali. Nana percaya bahwa usahanya belum maksimal. Nana tidak patah semangat dan terus berusaha untuk sukses dalam bisnis bakpia yang ia jalani.

Nana memasarkan produknya melalui toko offline dan mengeksplorasi pasar online dengan memasukkan produknya ke dalam beberapa marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Kemudian, Nana juga mengeksplorasi pasar melalui aplikasi gofood dan GrabFood untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

"Kami mengkhususkan diri dalam produksi bakpia di Depok sehingga tidak banyak kompetitor. Kompetitor kami cenderung berupa toko kue atau toko roti yang ada di sekitar lokasi kami" ujar Nana.

Nana yang merupakan anggota organisasi UMKM MAPAN di kecamatan Pancoran Mas Depok memiliki rencana untuk menitip jual produk bakpia pathok Bu Asih Bakpia and Snacknya ke toko-toko besar. Selain itu dia juga menawarkan kesempatan bagi siapa saja yang ingin menjadi reseller produk bakpianya.

Usaha UMKM Bu Asih Bakpia and Snack yang dimiliki oleh Nana saat ini memiliki empat orang karyawan dan mampu menghasilkan pendapatan yang cukup baik dengan omzet berkisar antara sepuluh sampai delapan belas juta rupiah per bulan.

"Walaupun tidak semuanya mudah namun jika tidak mencobanya kita tidak akan tahu hasilnya. Meskipun sesuatu terlihat mudah terkadang ternyata tidak seperti yang diharapkan. Ketika menghadapi kesulitan percayalah bahwa Allah akan memberikan pertolongan" ucap Nana memberikan semangat dalam berwirausaha.

Kontak UMKM Bu Asih Bakpia and Snack
WhatsApp: 08971531143
Instagram: @bakpiabuasih
gofood: Bakpia Bu Asih, Citayam Raya
Tokopedia: Bakpia Bu Asih
Shopee: Bu Asih (Bakpia and Snack)

Foto oleh: Bu Asih Bakpia and Snack





ARTIKEL TERKAIT