Produk Kreatif UMKM dari Limbah Kayu & Paralon PVC Ramah Lingkungan RoepaKreasi

UMKM Depok UMKM MAPAN - Jika Anda mencari produk seni yang unik dan kreatif, RoepaKreasi milik Ruri menyediakan beragam produk pilihan seperti kreasi dari paralon PVC, lukisan kayu, sketsa wajah pensil charcoal, kaligrafi kayu, kreasi kayu jati Belanda, poster lukisan quote kayu, poster vinyl, dan produk custom.
Ruri RoepaKreasi Penghasil Produk Seni Handmade Ramah Lingkungan - www.umkmmapan.org
Ruri RoepaKreasi penghasil produk seni handmade ramah lingkungan - www.umkmmapan.org

Usaha produk kreatif RoepaKreasi berawal dari sulitnya Ruri mencari lowongan pekerjaan. Ruri kemudian memutuskan untuk membuka gerai pulsa bersama teman karena saat itu banyak pengguna baru handphone dan Ruri melihat adanya peluang untuk menjual pulsa handphone.

Dengan pertumbuhan dan perubahan yang cepat dalam industri tersebut, Ruri merasa tidak siap untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Ruri dan temannya memutuskan untuk menutup usaha penjualan pulsa dan aksesoris karena semakin banyaknya pesaing yang muncul. Usaha penjualan pulsa dan aksesorisnya ia sudahi setelah berjalan selama kurang lebih tiga tahun.

Ruri bercerita bahwa ia ingin tetap mandiri dan memulai usaha baru. Pada tahun 2014 Ruri memutuskan untuk membuat sepatu lukis dengan menggunakan kemampuannya dalam menggambar dan melukis. Namun, usaha sepatu lukis yang dijalaninya tidak berlangsung lama karena tempat usahanya terkena penggusuran lahan dan Ruri kehabisan modal.
Sketsa wajah menggunakan pensil charcoal produk dari rupa kreasi RoepaKreasi - UMKM Depok UMKM MAPAN
Sketsa wajah menggunakan pensil charcoal walikota Depok Mohammad Idris beserta istri (kiri) dan sketsa lainnya yang merupakan karya dari RoepaKreasi milik Ruri - UMKM Depok UMKM MAPAN 


Setelah usaha sepatu lukisnya berhenti, Ruri mencoba untuk memulai membuka usaha kembali dengan membuat beberapa sketsa dan gambar. Inilah awal dari usaha RoepaKreasi yang saat ini ia jalankan dengan modal awal sebesar satu juta rupiah dan omzet sekitar satu sampai dua juta rupiah yang saat ini omzetnya mengalami peningkatan.

"Produk yang saya buat dinamis berdasarkan seni dan kreativitas. Saya harus kreatif dalam membuatnya namun elemen dasar dari karya saya adalah limbah kayu dan paralon PVC" tambah Ruri.

Nama Roepa_Kreasi bukan merupakan nama usaha yang pertama digunakan Ruri dalam bisnisnya. Pada awalnya Ruri menggunakan nama usaha N5 LapaKreasi namun Ruri merasa kesulitan dalam menentukan nama yang tepat untuk mereknya yang dapat mewakili produk, memiliki karakter, mudah diingat, dan menarik perhatian.
Sketsa wajah menggunakan pensil charcoal produk rupa kreasi RoepaKreasi - UMKM Depok UMKM MAPAN
Sketsa wajah menggunakan pensil charcoal produk rupa kreasi RoepaKreasi - UMKM Depok UMKM MAPAN


Asal-usul nama usaha RupaKreasi adalah dari gabungan kata Ruri Punya Kreasi yang kemudian ia ubah namanya menjadi RoepaKreasi untuk menunjukkan adanya ejaan klasik dari kata Ru menjadi Roe.

Menurut Ruri filosofi dari RoepaKreasi Roe berasal dari akronim namanya sendiri. Roeri adalah sebagai doa dan harapan untuk kreativitas dalam produk yang dibuatnya secara handmade dan penuh dengan ide-ide kreatif.

Ruri terus berinovasi dalam berkarya. Ruri memutuskan untuk mengeksplorasi potensi dari limbah kayu sebagai bahan utama karena memiliki sifat yang unik dan karakter yang kuat sehingga diharapkan produk yang dihasilkan juga menjadi lebih unik dan memiliki nilai tambah.
Produk kreatif dari UMKM RoepaKreasi - UMKM Depok UMKM MAPAN
Lampu hias dari jati Belanda (kiri) dan aneka produk kreatif hasil produksi RoepaKreasi (kanan) - UMKM Depok UMKM MAPAN

Ruri merasa senang dengan respon pasar yang positif terhadap produk-produk yang dihasilkannya. Banyak customer yang terkejut dan tidak percaya karena produk-produk RoepaKreasi yang unik, berkualitas, dan jarang ada di pasaran. Hal tersebut membuat Ruri lebih percaya diri dalam mengelola usahanya.

Produk RoepaKreasi yang dibuat oleh Ruri memiliki keunggulan karena dibuat secara handmade dan ramah lingkungan karena menggunakan limbah kayu atau PVC sebagai bahan dasar yang dapat memberikan nilai tambah pada produk yang dihasilkan. Keunikan produk Ruri juga ditentukan oleh tingginya unsur kreativitas dan seni di setiap produknya.

Menurut Ruri salah satu rintangan dalam memulai usaha ini adalah harus memiliki kreatifitas dan kemampuan seni yang baik serta memiliki sarana dan prasarana yang memadai guna menunjang proses dan kegiatan produksi. Selain itu Ruri juga menyadari betapa pentingnya menguasai pengelolaan manajemen, administrasi, dan teknologi yang baik untuk menjalankan operasional dan strategi pemasaran.

Untuk mengembangkan usahanya Ruri ke depan akan membuat perencanaan bisnis yang jelas, menyempurnakan sistem administrasi dan manajemen, menciptakan sistem produksi yang berkelanjutan, dan meningkatkan kualitas produk secara konsisten. Ruri juga berencana menambah alat produksi, membentuk tim kerja, memiliki workshop yang lebih proporsional, dan mempelajari digital marketing.
Produk RoepaKreasi - UMKM Depok UMKM MAPAN
Lukisan kayu produk RoepaKreasi - UMKM Depok UMKM MAPAN

Ruri yang merupakan anggota dari berbagai komunitas UMKM seperti UMKM MAPAN, Depok Jabar Juara, Moselo Expert Jabodetabek, UMKM Indonesia Network, dan Depok Kominfo, membuka peluang bagi siapa saja yang ingin menjadi reseller produk-produk seni unik ramah lingkungan yang dibuatnya.

"Jangan takut untuk mengambil langkah pertama dalam menjalankan usaha Anda. Jangan terlalu banyak berpikir dan membuat rencana yang rumit. Ingat bahwa keberhasilan akan terasa lebih berarti ketika kita berani untuk memulai dan mengejar mimpi kita." demikian tips usaha yang diberikan oleh Ruri.

Info kontak UMKM RoepaKreasi
WhatsApp: 081287494494
Tokopedia: Roepa_Kreasi
Instagram: @roepa_kreasi
Google Maps: RoepaKreasi

Foto oleh: Ruri RoepaKreasi





ARTIKEL TERKAIT