Tita Hadirkan Kuliner Enak dari Bahan Organik Gluten Free yang Baik bagi Kesehatan

UMKM Depok UMKM MAPAN - Selektif memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, darah tinggi, obesitas, penyakit jantung, dan berbagai penyakit lainnya.

Melihat keterbatasan atau belum banyaknya ketersediaan makanan sehat di pasaran, Tita Rosita yang akrab disapa Tita beralih menggunakan bahan makanan sehat organik sejak akhir 2021 untuk produksi makanannya.

"Usaha saya sudah sejak 2018 namun akhir 2021 saya fokus memproduksi makanan sehat dengan bahan organik" Ujar Tita pada UMKM MAPAN.

Produk makanan kuliner sehat tanpa gula pasir, tanpa tepung terigu, gluten free, produk UMKM Depok NYH TIETA - www.umkmmapan.org
Tita Produk makanan kuliner sehat tanpa gula pasir, tanpa tepung terigu, gluten free, produk UMKM Depok NYH TIETA - www.umkmmapan.org


Produk makanan sehat organik gluten free yang Tita produksi antara lain bapia kukus gluten free, risol kampung gluten free, aneka pukis gluten free, jongkong kelapa muda organik yang merupakan produk best seller, banana cake gluten free, almond choco cake gluten free, lupis, hingga minuman tradisional gula asam dan kunyit asam.

Produk NYH TIETA milik Tita memiliki kelebihan yaitu memakai bahan organik lokal non GMO, bebas bahan kimia sintetis, bebas pewarna, tanpa pengembang, tanpa tepung terigu, tanpa gula pasir, dan tanpa pengawet. Inilah yang membedakan produk kuliner Tita dengan produk kompetitor.

Selain itu, Tita juga menggunakan bahan-bahan premium organik lokal dalam beberapa produknya. Hasilnya tentu dapat memuaskan pelanggan karena rasanya enak sehingga banyak pelanggan yang memesan produknya kembali.

Nama merek usaha NYH TIETA diciptakan oleh Tita karena ingin memproduksi makanan sehat yang enak. Istilah N Y H berasal dari Natural Yummy Healthy, sementara TIETA diambil dari namanya sendiri, Tita. Dengan nama tersebut Tita ingin menghapuskan stigma bahwa makanan sehat identik dengan rasa yang hambar, tidak enak, dan membosankan.

Keputusan Tita untuk memproduksi makanan sehat dengan bahan organik berawal dari pengalaman pribadinya selama pandemi. Ia mengalami berbagai gejala seperti penurunan berat badan yang drastis, hilangnya nafsu makan, tingginya rasa cemas, dan masalah kesehatan lainnya akibat post covid.

Setelah beberapa waktu menjalani terapi dari dokter, Tita berhasil sembuh setelah melaksanakan saran dokter untuk mengonsumsi makanan alami bebas gluten.

Jongkong kelapa muda organik produk makanan sehat dari UMKM Depok NYH Tieta - UMKM Depok www.umkmmapan.org
Jongkong kelapa muda organik produk makanan sehat dari UMKM Depok NYH Tieta - UMKM Depok www.umkmmapan.org


Pada mulanya, Tita belum mengetahui apa itu makanan gluten free. Tita sulit untuk mendapatkan makanan atau cemilan organik gluten free terdekat.

"Jika saya ingin cemilan organik gluten free, saya harus order di online shop dengan harga yang cukup tinggi belum termasuk ongkos kirim yang terbilang cukup lumayan" ujar Tita.

Karena sulitnnya mendapatkan produk makanan sehat organik gluten free, Tita mencoba mengikuti beberapa kelas online healthy cooking dan baking dengan harapan agar Tita dapat dengan mudah mendapatkan makanan sehat organik gluten free dengan harga terjangkau dan supaya makanan sehat tersebut juga bisa dikonsumsi oleh keluarganya.

Saat Tita mencoba memposting makanan sehat yang ia produksi, ternyata mendapat respon baik dari teman-temannya karena walau dibuat dengan bahan organik rasa makanan sehatnya tetap enak dan dapat diterima oleh siapa saja tidak hanya bagi orang yang mengalami gangguan kesehatan.

Tita memutuskan untuk menerima pesanan pembuatan makanan sehat gluten free setelah menerima respon positif dan saran dari teman-temannya.

Tita memilih bahan baku organik gluten free dalam usaha makanan sehat NYH TIETA miliknya untuk mempermudah akses makanan sehat, alami, halal, dan tayib bagi semua orang, tidak terkecuali bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan.

Risol kampung tanpa tepung terigu gluten free produk UMKM Depok NYH TIETA - www.umkmmapan.org
Risol kampung tanpa tepung terigu gluten free produk UMKM Depok NYH TIETA - www.umkmmapan.org


Tita juga menjual bahan baku pangan organik yang terdiri dari beras, tepung lokal organik, bumbu, dan gula. Tita menerima pesanan untuk bahan baku tersebut melalui sistem PO jika bahan organik belum tersedia.

Tita yang lokasi usahanya berada di Depok Jawa Barat ini mengungkapkan salah satu kendala dalam mengembangkan bisnisnya adalah sulitnya mendapatkan bahan baku produksi organik dan gluten free karena terbatasnya suplier bahan baku organik. Hal tersebut tentu berdampak pada harga jual produk kulinernya ke konsumen.

Selain itu hal lain yang dirasakan oleh Tita adalah hambatan dalam memasarkan produknya sebab Tita perlu memberikan edukasi dan pemahaman yang mudah terlebih dahulu agar produk makanan sehatnya dapat diterima oleh market.

Tita merasa bersyukur atas respon pasar di luar komunitas karena saat ini Tita menjual produknya melalui PO via WhatsApp bisnis dan di berbagai komunitas.

Dengan modal awal dua juta rupiah, saat ini Tita memiliki satu orang karyawan dengan omzet tiga juta rupiah perbulannya.

Tita yang merupakan anggota dari organisasi komunitas UMKM MAPAN Pancoran Mas Depok, berencana membuka toko offline untuk mempermudah akses konsumen pada produk organik siap saji beserta bahan baku organiknya.

"Jangan takut mencoba hal baru, tetap yakin dan fokus, hasil pasti akan mengikuti". Demikian pesan Tita memberikan semangat dalam menjalankan usaha.

Info kontak NYH TIETA
WhatsApp: 081808860415
Instagram: @nyhtieta
Outlet: Superindo Puri Depok Mas


Foto oleh: NYH TIETA (TITA)





ARTIKEL TERKAIT